Memproduksi sarang merah artificial


Karena produksi terbatas, harga sarang merah mencapai Rp20-juta/kg, sementara sarang putih Rp13-juta-Rp15-juta/kg. Sebab itu, banyak yang mencoba sarang merah buatan.
,

Kotoran .
,
Menurut Abeng-sapaan akrab Ade-memerahkan sarang walet tidak sulit. ‘Tidak perlu memakai bahan kimia,’ katanya. Dalam waktu 1-7 hari, sarang putih dapat disulap menjadi sarang merah. Yang pertama kali disiapkan adalah bak semen untuk memendam sarang. Bak (basin) berukuran minimal 1 m x 3 m x 1 m. Sebidang ruang kosong dengan tinggi 20 cm dibuat di dasar bak itu. .
,
Tujuannya untuk tempat menampung air bekas merendam kotoran.
Di bagian luar ruangan kosong, dipasang kran (valve) pembuangan air. Di atas ruangan kosong, diletakkan besi behel yang ditutupi kawat kassa (wire gauze). Setelah siap, bak dapat diisi kotoran walet setinggi 50-60 cm. Bagian atas bak ditutup plat besi dengan ketebalan 0,2 mm. Tujuannya agar panas dalam bak tidak mengalir ke luar sehingga kelembapannya terjaga.
Feses Collocalia fuciphaga yang digunakan matang dan bersih dari kotoran daun kering, ranting, plastik, atau sampah lainnya. .
,
Taburkan kotoran walet setinggi kurang lebih 5-10 cm dari dasar behel. Sebagai gambaran bak berukuran 1 m x 3 m x 1 m bisa diisi 5 kuintal. Agar kotoran tercampur homogen, rendam dalam air. Setelah itu tambahkan soda. ‘Untuk mempercepat pematangan kotoran,’ kata Abeng. Untuk 5 kuintal (5x100kg) kotoran butuh 50 g soda yang dilarutkan dalam 10 l air itu.
Larutan didiamkan semalam. Air rendaman lantas dikeluarkan melalui kran. .
,
Kotoran lalu diangkat dan dijemur. Penjemuran merupakan tahap penting karena memakan waktu lama, hingga kotoran berkadar air 5-10%. Kotoran yang kering tampak kemerahan dan berbau seperti tepung. Saat musim kemarau, penjemuran dapat berlangsung sebulan; musim penghujan mencapai 3-4 bulan. Selama penjemuran kotoran perlu dibolak-balik agar semua bagian merata keringnya. Selanjutnya kotoran matang itu dapat dimasukkan ke dalam bak.
,

(Dikutip dari majalah Trubus/ Sumbangan Andy)

,

(Bersambung…..)

.

Advertisements

Posted on 12 March, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: